Langsung ke konten utama

MENGULIK CABRI 2D

I. Melukis Garis Singgung Melalui Satu Titik pada Lingkaran
Langkah-langkah :




1. Buatlah lingkaran dengan titik pusat O

2. Klik Segment, melalui titik pusat lingkaran O dan buatlah garis lurus,  lalu klik label dan beri nama titik Q
3. Klik Intersection dari titik pusat lingkaran O dengan titik Q, sehingga terbentuk titik P
4. Buatlah lingkaran dititik pusat P
5. Kemudian klik Intersection dari titik pusat lingkaran P dengan titik Q, sehingga terbentuk dua titik yaitu titik A dan B
5. Hide/show lingkaran yang berpusat dititik P
6. Buatlah Lingkaran dititik A dengan Jari-jari AB, dan lingkaran dititik pusat B dengan jari-jari AB
7. Lingkaran yang berpusat dititik A dan B memiliki titik perpotongan.
8. Klik Intersection sehingga terdapat 2 titik perpotongan, yaitu titik C dan D
9. Kemudian klik Segment untuk membentuk garis CD
10.Sehingga terbentuk Garis Singgung Melalui Satu Titik pada Lingkaran




II. Garis Singgung Melalui Titik diluar Lingkaran



Langkah-langkah :






1. Buat lingkaran dengan titik pusat O
2. Hubungkan titik O dengan titik T diluar lingkaran
3. Klik MidPoint untuk menentukan garis tengah OT (S adalah garis tengah OT)
4. Kemudian buatlah lingkaran dititik pusat S
5. Lingkaran dengan titik pusat S dan titik pusat O saling berpotongan
6. Klik Intersection untuk menentukan titik perpotongannya, Titik C dan D merupakan titik perpotongan lingkaran. 
5. Hubungkan titik C ke titik T dengan menggunakan Segment
6. Hubungkan titik D ke titik T dengan menggunakan Segment
7. Sehingga terbentuk Garis Singgung Melalui titik diluar Lingkaran






III. Melukis Garis Singgung Persekutuan Luar

Langkah-langkah :



1. Buatlah dua lingkaran dengan titik pusat D dan E

2. Hubungkan titik D dan titik E dengan menggunakan Segment
3. Klik Midpoint untuk menentukan garis tengah DE (F adalah titik tengah garis DE)
4. Buatlah lingkaran dititik pusat F dengan jari-jari DF/EF
5. Kemudian klik Distance or Lenght lingkaran A dan lingkaran B untuk mengetahui jumlah jari-jarinya
6. Lalu kurangkan hasil lingkaran A dengan lingkaran B dengan menggunakan Calculate
7. Buatlah sebuah lingkaran di Lingkaran A dengan jari-jari hasil dari pengurangan lingkaran A dengan lingkaran B
8. Klik Intersection di lingkaran M dan lingkaran N
9. Terdapat titik perpotongan G dan H dari lingkaran M dan lingkaran N
10. Untuk mempermudah proses pengerjaan Hide/Show Lingkaran M dan Lingkaran N
11. Lalu klik Line dari titik G ke titik D
12. Klik Intersection garis DG dengan lingkaran A, sehingga terdapat titik perpotongan I
13. Hide/Show garis DG untuk mempermudah proses pengerjaan
14. Lalu klik Line dari titik H ke titik D
15. Klik Intersection garis DH dengan lingkaran A, sehingga terdapat titik perpotongan J
16. Hide/Show garis DH untuk mempermudah proses pengerjaan
17. Buatlah lingkaran dengan jari-jari GE dititik pusat G
18. Klik Intersection untuk menemukan titik perpotongan lingkaran O dengan lingkaran B
19. Titik K dan titik L merupakan titik perpotongan lingkaran A dengan lingkaran B
20. Untuk mempermudah proses pengerjaan klik Hide/Show lingkaran O
21. Hubungkan titik I -> G -> D -> H -> J dan hubungkan titik I ke K, titik J ke L dengan menggunakan Segment
21. Maka terbentuklah Garis Singgung Persekutuan Luar



Komentar

Postingan populer dari blog ini

NYAMAN ITU..........

     Setelah lulus kuliah hampir setengah tahun aku menjadi pengacara alias pengangguran banyak acara, terasa bosan hidupku yang tidak memiliki kegiatan yang tidak rutin meskipun ada pekerjaan sampingan tetap saja aku merasakan ‘hidup kok gini-gini aja’. Beberapa kali aku mencoba melamar di perusahaan dan institusi sekolah namun jawabannya semuanya sama ‘tunggu saja dulu yah’ aku menunggu dan terus menunggu mencoba bersabar, berdoa dan terus berikhtiar tapi tetap saja hati ini begitu gelisah, mulai merasakan ketidaknyamanan, dalam hatiku berkata ‘mau sampai kapan hidup membebani orangtua?. Alhamdulillah aku memiliki orangtua yang begitu bijak, terus menyemangati putrinya yang suka berkeluh kesah, mereka terus mengatakan ‘sabar nak, Allah sudah menyiapkan hal yang indah untukmu’ begitu tenang hati ini setiapkali mendengarkan nasihat yang begitu menyejukkan dari kedua orangtuaku. Beberapa hari kemudian ada seseorang dari bagian HRD yang memintaku untuk datang interview ke salah satu sek

BERTEMU MICROSOFT MATHEMATICS LAGI (Matriks)

Dalam pembahasan kali ini akan membahas Matriks Menggunakan Software Mathematics, yaitu : A. Matriks Penjumlahan ordo 2x2 B. Matriks Pengurangan ordo 3x3 C. Matriks Perkalian ordo 2x3 dan ordo 3x3 A. Matriks Penjumlahan ordo 2x2 Langkah - langkah : 1. Pada kotak bergambar kalkulator, klik Linear Algebra -> Insert Matrix. 2. Baris dan Kolom Matriks diubah menjadi 2x2 3. Input data matriks sesuai dengan soal 4. Jika soal sudah selesai dibuat klik Enter 5. Pada menu Worksheet akan muncul hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 6. Untuk mengetahui cara penjumlahan matriks, klik solution steps Solution Steps Determinan Matriks Langkah-langkah : 1. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 untuk mencari determinan  Matriks 2x2 2. Pada Worksheet klik determinant, lalu muncul hasil determinant Matriks ordo 2x2 Inverse Matriks 1. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 untuk mencari determinan M

KALI INI MEMBAHAS PERSAMAAN KUADRAT

 Persamaan Kuadrat Menggunakan GeoGebra Langkah - langkah : 1. Input data persamaan kuadrat x^2 - 4x + 6 2. Enter dan akan muncul grafik persamaan kuadrat (parabola terbuka ke atas) Langkah-langkah : 1. Open New Window 2. Klik Slider 3. Ubah Nilai Maksimum dan Nilai Minum -> Apply 4. Buatlah sebanyak 3 titik dengan menggunakan Slider (a,b,c) Kesimpulan : Slider a mempengaruhi lebar selang parabola - Ketika nilai a bernilai positif maka parabola akan terbuka ke atas - Ketika nilai a bernilai nol maka parabola akan berupa garis - Ketika nilai a bernilai negatif maka parabola akan terbuka ke bawah Slider b mempengaruhi letak puncak parabola terhadap sumbu y - Ketika nilai b bernilai positif maka letak puncak parabola akan ke arah kanan - Ketika nilai b bernilai nol maka parabola akan berada di antara sumbu x positif dan sumbu x negatif - Ketika nilai b bernilai negatif maka letak puncak parabola akan ke arah kiri Slider c me