Langsung ke konten utama
PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Jurnal Matematika:
Pencipta Animasi Matematika ( Penggunaan Software dalam Pembelajaran Matematika )

Kata Kunci : Jurnal Nasional Matematika
Sumber      : http://www.jurnas.com/halaman/14/2012-07-22/216326

REVIEW :
Sebagian siswa seringkali mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika. Namun dengan adanya software animasi matematika ini dapat mempermudah pembelajaran matematika di sekolah. Yang awalnya pembelajaran matematika selalu "monoton" terhadap buku sehingga siswa kurang aktif ketika belajar namun dengan menggunakan software ini siswa tertarik terhadap pembelajaran matematika dan guru dapat menyampaikan materi yang berbeda namun tetap tidak keluar pada "jalur" pembelajaran matematika. Software Animasi ini di dedikasikan oleh Suwato untuk guru dan siswa agar minat pembelajaran matematika disekolah dapat meningkat. Guru juga harus kreatif dan tidak "monoton" dalam pembelajaran matematika, karena banyak sekali siswa yang memiliki mind-set matematika itu merupakan mata pelajaran yang "menakutkan" . Dengan adanya software animasi ini mempermudah siswa belajar Matematika, selain itu semangat dan minat pembelajaran siswa dapat meningkat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NYAMAN ITU..........

     Setelah lulus kuliah hampir setengah tahun aku menjadi pengacara alias pengangguran banyak acara, terasa bosan hidupku yang tidak memiliki kegiatan yang tidak rutin meskipun ada pekerjaan sampingan tetap saja aku merasakan ‘hidup kok gini-gini aja’. Beberapa kali aku mencoba melamar di perusahaan dan institusi sekolah namun jawabannya semuanya sama ‘tunggu saja dulu yah’ aku menunggu dan terus menunggu mencoba bersabar, berdoa dan terus berikhtiar tapi tetap saja hati ini begitu gelisah, mulai merasakan ketidaknyamanan, dalam hatiku berkata ‘mau sampai kapan hidup membebani orangtua?. Alhamdulillah aku memiliki orangtua yang begitu bijak, terus menyemangati putrinya yang suka berkeluh kesah, mereka terus mengatakan ‘sabar nak, Allah sudah menyiapkan hal yang indah untukmu’ begitu tenang hati ini setiapkali mendengarkan nasihat yang begitu menyejukkan dari kedua orangtuaku. Beberapa hari kemudian ada seseorang dari bagian HRD yang memintaku untuk datang interview ke salah satu sek

BERTEMU MICROSOFT MATHEMATICS LAGI (Matriks)

Dalam pembahasan kali ini akan membahas Matriks Menggunakan Software Mathematics, yaitu : A. Matriks Penjumlahan ordo 2x2 B. Matriks Pengurangan ordo 3x3 C. Matriks Perkalian ordo 2x3 dan ordo 3x3 A. Matriks Penjumlahan ordo 2x2 Langkah - langkah : 1. Pada kotak bergambar kalkulator, klik Linear Algebra -> Insert Matrix. 2. Baris dan Kolom Matriks diubah menjadi 2x2 3. Input data matriks sesuai dengan soal 4. Jika soal sudah selesai dibuat klik Enter 5. Pada menu Worksheet akan muncul hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 6. Untuk mengetahui cara penjumlahan matriks, klik solution steps Solution Steps Determinan Matriks Langkah-langkah : 1. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 untuk mencari determinan  Matriks 2x2 2. Pada Worksheet klik determinant, lalu muncul hasil determinant Matriks ordo 2x2 Inverse Matriks 1. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 untuk mencari determinan M

KALI INI MEMBAHAS PERSAMAAN KUADRAT

 Persamaan Kuadrat Menggunakan GeoGebra Langkah - langkah : 1. Input data persamaan kuadrat x^2 - 4x + 6 2. Enter dan akan muncul grafik persamaan kuadrat (parabola terbuka ke atas) Langkah-langkah : 1. Open New Window 2. Klik Slider 3. Ubah Nilai Maksimum dan Nilai Minum -> Apply 4. Buatlah sebanyak 3 titik dengan menggunakan Slider (a,b,c) Kesimpulan : Slider a mempengaruhi lebar selang parabola - Ketika nilai a bernilai positif maka parabola akan terbuka ke atas - Ketika nilai a bernilai nol maka parabola akan berupa garis - Ketika nilai a bernilai negatif maka parabola akan terbuka ke bawah Slider b mempengaruhi letak puncak parabola terhadap sumbu y - Ketika nilai b bernilai positif maka letak puncak parabola akan ke arah kanan - Ketika nilai b bernilai nol maka parabola akan berada di antara sumbu x positif dan sumbu x negatif - Ketika nilai b bernilai negatif maka letak puncak parabola akan ke arah kiri Slider c me