Langsung ke konten utama

6 Pendekar yang Aktif, Kritis dan Penurut

Sudah sebulan aku berada di Jingga dan sudah sebulan pula aku menemani teman-teman kecilku yang super aktif di SD 3 Jingga. Pertama kali ku bertemu terlihat bahwa mereka sama seperti anak-anak kecil pada umumnya namun seperti kata pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’ yaa itu baru penglihatan ku saja bahwa mereka sama seperti anak-anak biasa pada umumnya mungkin ketika mereka tidak sedang bersama mereka seperti anak-anak biasa pada umumnya tetapi ketika mereka sudah saling berjumpa di kelas 3 mereka sangat sekali aktif berlarian dan berbicara tiada henti. Aku menjuluki mereka '6 Pendekar' karena mereka terdiri dari 6 orang laki-laki yang hobi sekali bermain perang-perangan haha. Hari itu di kelas 3 ketika aku selesai memberikan materi tentang perkalian jarimatika, mereka langsung meminta izin kepadaku “bu boleh main yah, kan sudah selesai” karena sudah selesai aku langsung mengijinkannya tetapi dengan satu syarat tidak mengganggu kelas lain yang sedang belajar. Benar saja mereka langsung bermain, berlari-lari sambil berteriak mengejar temannya, hobi mereka adalah berlarian, berbicara sambil berteriak, dan satu lagi menjahili Yumna si ‘Putri Tercantik’, tidak hanya dikelas saja mereka berlarian seperti itu tetapi di halaman sekolah ketika jam istirahat mereka seringkali bermain ‘polisi dan maling’ hal-hal yang ada hubungannya dengan berlarian dan saling mengejar mereka SANGAT MENYUKAINYA, terkadang aku hanya menggelengkan kepala melihat tingkah polah mereka. Beberapa kali ketika aku sedang memberikan materi mereka mengintupsi pembicaraanku yaa mereka ini sangat kritis ketika aku sedang memberikan materi belum ku selesaikan materiku mereka sudah menanyakan hal-hal yang sedang ku jelaskan, contoh “bu kenapa angin perlu ditangkap oleh kincir angin” ketika ku ingin menjawab sudah dijawab terlebih dahulu oleh temannya “kan angin sebagai sumber energi gerak jadi harus ditangkap oleh kincir angin” haha jawaban mereka cukup unik dan sederhana namun cukup masuk diakal. 


Meskipun mereka ini sangat aktif namun ketika aku sedang memberikan tugas lalu mereka bercanda dan bermain-main mereka langsung menuruti perintahku ketika ku  memerintahkan untuk melanjutkan mengerjakan tugas mereka. Mereka memang sangat super aktif namun mereka penurut. Mungkin dari luar terlihat mereka seperti anak yang rusuh, nakal, dan sulit diatur namun sekali lagi ‘don’t judge by cover’ dekati, kenali, lalu kita bisa memberikan penilaian terhadap seseorang. Allah itu Maha Adil dibalik kekurangan selalu ada kelebihan, dibalik kerusuhan mereka pasti ada hal-hal unik yang dapat kita ambil hikmahnya. Anak-anak super aktif seperti mereka dapat dengan mudah diarahkan caranya dekati mereka dengan hati maka mereka dengan sukarela memberikan hatinya untuk menuruti segala arahan kita. Bukankah sesuatu yang dilakukan dengan hati akan terasa lebih ringan? ringan apabila kita ikhlas, ringan apabila kita bersabar karna sabar itu tidak ada batasnya yang ada batasnya adalah ketidakpercayaan diri manusia untuk menangani masalah yang terjadi. Bersabarlah jika menangani anak-anak yang super aktif, sudah tugas guru untuk bersabar dalam mendidik generasi penerus bangsa memang tidak mudah untuk mendidik anak-anak yang super aktif tetapi jika dilakukan dengan hati Insya Allah akan terasa lebih ringan :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NYAMAN ITU..........

     Setelah lulus kuliah hampir setengah tahun aku menjadi pengacara alias pengangguran banyak acara, terasa bosan hidupku yang tidak memiliki kegiatan yang tidak rutin meskipun ada pekerjaan sampingan tetap saja aku merasakan ‘hidup kok gini-gini aja’. Beberapa kali aku mencoba melamar di perusahaan dan institusi sekolah namun jawabannya semuanya sama ‘tunggu saja dulu yah’ aku menunggu dan terus menunggu mencoba bersabar, berdoa dan terus berikhtiar tapi tetap saja hati ini begitu gelisah, mulai merasakan ketidaknyamanan, dalam hatiku berkata ‘mau sampai kapan hidup membebani orangtua?. Alhamdulillah aku memiliki orangtua yang begitu bijak, terus menyemangati putrinya yang suka berkeluh kesah, mereka terus mengatakan ‘sabar nak, Allah sudah menyiapkan hal yang indah untukmu’ begitu tenang hati ini setiapkali mendengarkan nasihat yang begitu menyejukkan dari kedua orangtuaku. Beberapa hari kemudian ada seseorang dari bagian HRD yang memintaku untuk datang interview ke salah satu sek

BERTEMU MICROSOFT MATHEMATICS LAGI (Matriks)

Dalam pembahasan kali ini akan membahas Matriks Menggunakan Software Mathematics, yaitu : A. Matriks Penjumlahan ordo 2x2 B. Matriks Pengurangan ordo 3x3 C. Matriks Perkalian ordo 2x3 dan ordo 3x3 A. Matriks Penjumlahan ordo 2x2 Langkah - langkah : 1. Pada kotak bergambar kalkulator, klik Linear Algebra -> Insert Matrix. 2. Baris dan Kolom Matriks diubah menjadi 2x2 3. Input data matriks sesuai dengan soal 4. Jika soal sudah selesai dibuat klik Enter 5. Pada menu Worksheet akan muncul hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 6. Untuk mengetahui cara penjumlahan matriks, klik solution steps Solution Steps Determinan Matriks Langkah-langkah : 1. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 untuk mencari determinan  Matriks 2x2 2. Pada Worksheet klik determinant, lalu muncul hasil determinant Matriks ordo 2x2 Inverse Matriks 1. Untuk mempermudah pengerjaan, gunakan hasil Penjumlahan Matriks ordo 2x2 untuk mencari determinan M

KALI INI MEMBAHAS PERSAMAAN KUADRAT

 Persamaan Kuadrat Menggunakan GeoGebra Langkah - langkah : 1. Input data persamaan kuadrat x^2 - 4x + 6 2. Enter dan akan muncul grafik persamaan kuadrat (parabola terbuka ke atas) Langkah-langkah : 1. Open New Window 2. Klik Slider 3. Ubah Nilai Maksimum dan Nilai Minum -> Apply 4. Buatlah sebanyak 3 titik dengan menggunakan Slider (a,b,c) Kesimpulan : Slider a mempengaruhi lebar selang parabola - Ketika nilai a bernilai positif maka parabola akan terbuka ke atas - Ketika nilai a bernilai nol maka parabola akan berupa garis - Ketika nilai a bernilai negatif maka parabola akan terbuka ke bawah Slider b mempengaruhi letak puncak parabola terhadap sumbu y - Ketika nilai b bernilai positif maka letak puncak parabola akan ke arah kanan - Ketika nilai b bernilai nol maka parabola akan berada di antara sumbu x positif dan sumbu x negatif - Ketika nilai b bernilai negatif maka letak puncak parabola akan ke arah kiri Slider c me